SMKN 1 Samarinda Miliki Alfamidi Class

Diposting pada: 2015-08-16, oleh : Muhammad Rasyid Anshar, Kategori: Tanpa Kategori

Pemkot Samarinda, Kalimantan Timur bekerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk menyusun program materi pendidikan ritel, yakni Alfamidi Class. Bentuk kesepakatan dilakukan dengan penandatanganan kerjasama yang dihadiri Walikota Samarinda Syaharie Jaang serta Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Solihin, di SMK Negeri 1, Jalan Pahlawan Samarinda, Senin (9/2/2015) .

Program pendidikan ritel Alfamidi Class merupakan yang pertama di Samarinda, Kalimantan Timur. Kerjasama antaraAlfamidi, Dinas Pendidikan (Disdik), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bentuk sarana pendukung praktik.

Alfamidi akan menghibahkan fasilitas laboratorium ritel sebagai sarana pembelajaran praktik siswa.

Menurut Solihin, Alfamidi Class juga dilakukan untuk mempersiapkan tenaga kerja siap pakai dari lulusan SMK agar mampu bersaing, khususnya di industri ritel.

''Sebagai percontohan, program ini diterapkan di Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Samarinda.

Program pendidikan yang menjadi bagian CSR Alfamidi ini, kelak memfasilitasi para lulusan SMK, terutama yang memiliki minat di bidang ritel.
"Nantinya mereka dapat bekerja di Alfamidi atau jika mereka ingin berwirausaha seperti membuka usaha toko eceran, mereka sudah dibekali ilmu yang memadai, jadi program ini diharapkan dapat membantu penyerapan lulusan SMK di dunia kerja," papar Solihin.

Ia melanjutkan, terkait dengan kebutuhan tenaga kerja, industri ritel membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam jumlah besar. "Industri ritel adalah industri padat karya, karena pelayanan yang diberikan dilakukan oleh SDM. Namun untuk menemukan SDM yang mengerti fungsi dan perannya di bidang ritel tidaklah mudah. Alfamidi Class diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan SDM ini," jelasnya.

Sementara itu Walikota Samarinda Syaharie Jaang menyambut positif programAlfamidi Class. Menurutnya, sumber daya lulusan SMK/SMA di Samarinda memerlukan sinergi dengan pelaku usaha untuk menciptakan lulusan SMK yangmemiliki daya saing tinggi, terampil, dan sesuai dengan kebutuhan industri. (my)

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id